BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
formal yang lazim disebut sekolah, merupakan komponen penting untuk
melahirkan generasi-generasi yang memiliki pemahaman akan diri sendiri
dan diluar dirinya. Lembaga-lembaga pendidikan formal yang berjenjang
dan sistematis menjadi kunci terlaksananya proses pembelajaran. Didalam
lembaga pendidikan formal terdapat sistem yang teratur guna mewujudkan
sebuah tujuan pendidikan.
Menurut
Sanjaya sistem adalah “satu kesatuan komponen yang satu sama lain
saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang
diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan”[1].
Sedangkan pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem karena
pembelajaran adalah kegiatan yang bertujuan, yaitu membelajarkan siswa.
Proses pembelajaran dalam konteks pendidikan formal membutuhkan banyak
komponen yang mendukungnya. Guru menjadi bagian penting dalam proses
pembelajaran. Kemampuan mengelola proses pembelajaran dikelas dibutuhkan
secara mutlak oleh guru guna terciptanya proses pembelajaran yang
efektif dan tidak membosankan. Untuk menciptakan situasi kelas yang
efektif dan tidak membosankan tentunya dibutuhkan kecakapan khusus dari
guru.
Melihat
sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru,
maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajar
mengajar perlu dikembangkan iklim kondusif yang dapat menumbuhkan sikap
dan perilaku belajar secara wajar.
Hasil
pengamatan pra-survey yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V
di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jamiatul Hidayah Dadimulyo pada mata
pelajaran IPS, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah.
Rendahnya prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil ulangan hasil
ulangan harian yang dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 1.1 Rata-rata nilai ulangan harian IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jamiatul Hidayah Tahun Pelajaran 2013/2014
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
KET
|
1
|
Shephia Navalya
|
75
|
Tuntas
|
2
|
Sukinah Maulana
|
75
|
Tuntas
|
3
|
M. Ainul Yakin
|
70
|
Tuntas
|
4
|
Nurul Aini
|
70
|
Tuntas
|
5
|
M. Angga Setiawan
|
70
|
Tuntas
|
6
|
Ifanida Restu Oktavia
|
75
|
Tuntas
|
7
|
Filda Bilandari
|
75
|
Tuntas
|
8
|
Budi Setiawan
|
60
|
Belum Tuntas
|
9
|
Luluk Nafisah
|
58
|
Belum Tuntas
|
10
|
Maulana Dwi Prastyo
|
50
|
Belum Tuntas
|
11
|
Nafisah Icha Amalia
|
64
|
Belum Tuntas
|
12
|
Amir Arif
|
63
|
Belum Tuntas
|
13
|
Eka Febrianti
|
58
|
Belum Tuntas
|
14
|
Ari Hidayat
|
58
|
Belum Tuntas
|
15
|
Nur Rahmat
|
41
|
Belum Tuntas
|
16
|
Mutiara Kusuma Alam
|
58
|
Belum Tuntas
|
17
|
Solikhatul Mufida
|
50
|
Belum Tuntas
|
18
|
M. Aliyudin
|
63
|
Belum Tuntas
|
19
|
Lisa Nanda Sari
|
60
|
Belum Tuntas
|
20
|
Yazid Maulana Nur .A
|
50
|
Belum Tuntas
|
21
|
Abdul Adif
|
63
|
Belum Tuntas
|
22
|
M. Torik Firdani
|
63
|
Belum Tuntas
|
Sumber : data pra Survey MI Jamiatul Hidayah Tahun Pelajaran 2013-2014
Rendahnya
prestasi belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh kurangnya motivasi
belajar siswa karena penggunaan metode belajar guru yang monoton, daya
tarik siswa terhadap pembelajaran kurang disebabkan kurangnya kemampuan
guru dalam mengembangkan pembelajaran dalam hal ini penggunaan media
pembelajaran. Dalam rangka mewujudkan harapan itu maka perlu dilakukan
upaya secara terpadu dengan melakukan beberapa teknik dan metode yang
dianggap tepat, dalam penelitian ini penulis mencoba menerapkan media
pembelajaran gambar Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Kelas V Di MI Jamiatul Hidayah Dadimulyo Tahun Pelajaran
2013/2014.
Dengan
penggunaan media gambar pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan
dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran. Membantu mereka dalam
mengembangkan kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif
dalam bercerita, dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis dan
menggambar, serta membantu mereka menafsirkan dan mengingat-ingat isi
materi bacaan dari buku teks. Demikian pula pemahaman pengertian
mengenai kemasyarakatan bisa diperoleh dari gambar, dan dalam situasi
tertentu gambar merupakan sumber terbaik untuk tujuan penelitian atau
penyelidikan.[2]
file lengkap "disini"
password "azkiablog
file lengkap "disini"
password "azkiablog
0 comments:
Posting Komentar