Pages

Senin, 27 April 2015

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH JAMIATUL HIDAYAH DADIMULYO WONOSOBO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan formal yang lazim disebut sekolah, merupakan komponen penting untuk melahirkan generasi-generasi yang memiliki pemahaman akan diri sendiri dan diluar dirinya. Lembaga-lembaga pendidikan formal yang berjenjang dan sistematis menjadi kunci terlaksananya proses pembelajaran. Didalam lembaga pendidikan formal terdapat sistem yang teratur guna mewujudkan sebuah tujuan pendidikan.
Menurut Sanjaya sistem adalah “satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan”[1]. Sedangkan pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem karena pembelajaran adalah kegiatan yang bertujuan, yaitu membelajarkan siswa. Proses pembelajaran dalam konteks pendidikan formal membutuhkan banyak komponen yang mendukungnya. Guru menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Kemampuan mengelola proses pembelajaran dikelas dibutuhkan secara mutlak oleh guru guna terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan tidak membosankan. Untuk menciptakan situasi kelas yang efektif dan tidak membosankan tentunya dibutuhkan kecakapan khusus dari guru.
Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar dan peran guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajar mengajar perlu dikembangkan iklim kondusif yang dapat menumbuhkan sikap dan perilaku belajar secara wajar.
Hasil pengamatan pra-survey yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jamiatul Hidayah Dadimulyo pada mata pelajaran IPS, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Rendahnya prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil ulangan hasil ulangan harian yang dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 1.1  Rata-rata nilai ulangan harian IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jamiatul Hidayah Tahun Pelajaran 2013/2014
NO
NAMA SISWA
NILAI
KET
1
Shephia Navalya
75
Tuntas
2
Sukinah Maulana
75
Tuntas
3
M. Ainul Yakin
70
Tuntas
4
Nurul Aini
70
Tuntas
5
M. Angga Setiawan
70
Tuntas
6
Ifanida Restu Oktavia
75
Tuntas
7
Filda Bilandari
75
Tuntas
8
Budi Setiawan
60
Belum Tuntas
9
Luluk Nafisah
58
Belum Tuntas
10
Maulana Dwi Prastyo
50
Belum Tuntas
11
Nafisah Icha Amalia
64
Belum Tuntas
12
Amir Arif
63
Belum Tuntas
13
Eka Febrianti
58
Belum Tuntas
14
Ari Hidayat
58
Belum Tuntas
15
Nur Rahmat
41
Belum Tuntas
16
Mutiara Kusuma Alam
58
Belum Tuntas
17
Solikhatul Mufida
50
Belum Tuntas
18
M. Aliyudin
63
Belum Tuntas
19
Lisa Nanda Sari
60
Belum Tuntas
20
Yazid Maulana Nur .A
50
Belum Tuntas
21
Abdul Adif
63
Belum Tuntas
22
M. Torik Firdani
63
Belum Tuntas
Sumber : data pra Survey MI Jamiatul Hidayah Tahun Pelajaran 2013-2014

Rendahnya prestasi belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh kurangnya motivasi belajar siswa karena penggunaan metode belajar guru yang monoton, daya tarik siswa terhadap pembelajaran kurang disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran dalam hal ini penggunaan media pembelajaran. Dalam rangka mewujudkan harapan itu maka perlu dilakukan upaya secara terpadu dengan melakukan beberapa teknik dan metode yang dianggap tepat, dalam penelitian ini penulis mencoba menerapkan media pembelajaran gambar Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di MI Jamiatul Hidayah Dadimulyo Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dengan penggunaan media gambar pada dasarnya membantu mendorong para siswa dan dapat membangkitkan minatnya pada pelajaran. Membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dalam bercerita, dramatisasi, bacaan, penulisan, melukis dan menggambar, serta membantu mereka menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi bacaan dari buku teks. Demikian pula pemahaman pengertian mengenai kemasyarakatan bisa diperoleh dari gambar, dan dalam situasi tertentu gambar merupakan sumber terbaik untuk tujuan penelitian atau penyelidikan.[2]
file lengkap "disini"
password "azkiablog

0 comments:

Posting Komentar