Pages

Senin, 27 April 2015

PENGGUNAAN MEDIA LCD PROYEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V C DI MI AL-KHAIRIYAH SINARBANTEN TALANGPADANG TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut dengan sesuai perkembangan dan tuntutan zaman.
Pendidik sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tatapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.[1]
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas lembaga pendidikan berusaha meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran. Usaha-usaha dalam meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain mengembangkan media pembelajaran, menerapkan media pembelajaran serta memilih dan menetapkan jenis media pembelajaran yang akan digunakan.
Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tidak semua materi khususnya materi perjuangan melawan penjajah, dapat diceritakan dan dijelaskan, melainkan harus diperlihatkan secara nyata agar materi (Ilmu) yang didapat peserta didik tersebut akan selalu diingat dan dipahami. Dengan menggunakan media LCD Proyektor, peserta didik akan dapat termotivasi belajarnya. peserta didik akan dapat cepat memahami dan mengerti tentang materi yang diajarkan dengan menggunakan media tersebut. Peserta didik juga akan senang dengan pengalaman-pengalaman yang telah dilihatnya melalui media LCD Proyektor. Oleh karena itulah dasar adanya penggunaan media LCD Proyektor pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini diharapkan agar peserta didik dapat melihat, dan memahami objek yang dipelajari, sehingga kesenjangan yang ada dapat teratasi.
Hasil pengamatan pra-survey yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas V C MI Al-Khairiyah Sinarbanten pada mata pelajaran IPS, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS masih rendah, salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, metode pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik merupakan salah satu faktor penyebab, selain itu jarangnya penggunaan media pembelajaran yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik menyebabkan pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik, hal ini disebabkan kurangnya kemampuan pendidik mengelola dan memanfaatkan saran media pembelajaran yang disiapkan sekolah. Adapun hasil belajar peserta didik seperti yang disebutkan dalam tabel pra survey berikut:
Tabel 1 Rata-rata nilai IPS peserta didik kelas V C MI AL-Khairiyah Sinarbanten Tahun Pelajaran 2013/2014
Nilai
Katagori
Jumlah peserta didik
Persentase (%)
< 60
Tidak Tuntas
21
64  %
≥60
Tuntas
12
36  %
Jumlah

33
100%
Sumber : data pra Survey MI AL-Khairiyah Sinarbanten Kec. Talangpadang Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2013-2014

Dari data tersebut dapat diketahui bahwa peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 60 hanya sebesar 36 %. Sementara itu pendidik menginginkan nilai yang memuaskan dengan target 75% peserta didik dapat menyelesaikan dan memenuhi standar ketuntasan minimal mata pelajaran IPS yaitu 60, oleh karena itu pendidik harus berusaha agar harapan dapat terwujud. Dalam rangka mewujudkan harapan itu maka perlu dilakukan upaya secara terpadu dengan melakukan beberapa teknik dan metode yang dianggap tepat, dalam penelitian ini penulis mencoba menerapkan  penggunaan media LCD Proyektor untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas V C mata pelajaran IPS di MI. Al-Khairiyah Sinarbanten Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2013/2014.




[1] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002), h. 2


file lengkap disini

0 comments:

Posting Komentar